8 Tips Cara Membuat Kulit Dimsum Transparan Lembut dan Tipis Tanpa Harus Beli

Dimsum adalah salah satu camilan yang cocok sekali dimakan ketika sore hari bersama keluarga. Kamu bisa menyajikannya dengan berbagai isian kesukaanmu dan keluarga. Tidak perlu membelinya karena kamu bisa membuatnya sendiri, termasuk kulit dimsumnya. Kamu juga bisa berhemat karena kulit dimsum yang bagus yang ada di pasaran harganya cukup mahal. Berikut 8 tips mudah untuk membuat kulit dimsum transparan yang lembut dan tipis.

Kulit Dimsum Transparan 8 Tips Cara Membuat Kulit Dimsum Transparan Lembut dan Tipis Tanpa Harus Beli

1. Menggunakan Tepung yang Tepat

Untuk bisa membuat kulit dimsum yang transparan dan lembut, kamu harus menggunakan tepung yang tepat karena pemilihan di sini akan sangat berpengaruh pada hasil akhir dari kulit dimsum itu sendiri. Kuit dimsum yang mahal yang ada di pasaran biasanya menggunakan tepung sagu atau kanji dan tepung tang mien sebagai bahan utamanya. Kedua tepung tersebut sangat berbeda dengan tepung terigu yang biasanya umum digunakan dalam membuat roti.

Tepung tang mien di sini sangat berperan penting dalam pembuatan kulit dimsum karena akan membuat kulit dimsum bertekstur lebih kenyal. Tidak hanya itu saja, tepung ini juga akan membuat kulit dimsum transparan. Tepung sagu atau kanji juga akan memberikan tekstur lentur dan kenyal. Untuk itu, kamu tidak boleh sembarangan memilih tepung untuk membuat kulit dimsum ini karena hasilnya juga akan sangat berbeda.

2. Memilih Bahan dengan Kualitas Baik

Memilih bahan yang tepat tidak akan berpengaruh jika kamu tidak memperhatikan kualitas bahan yang dibeli. Kamu harus memastikan bahan yang dipilih masih dalam keadaan baik dan jika memungkinkan, kamu harus memilih tepung yang masih baru. Pastikan juga bahwa kemasan tepung yang akan dibeli masih dalam keadaan baik, tersegel dan tidak bocor.

Namun, jika kamu sudah memiliki bahan-bahan yang dibutuhkan tersebut di rumah, kamu tetap harus memastikan bahwa semua bahan masih dalam keadaan baik. Pastikan bahwa tepung yang akan digunakan tidak kotor, tidak menggumpal, dan tidak berbau. Kamu juga bisa mengayak tepung yang akan digunakan terlebih dahulu untuk memastikan bahwa tepung dalam keadaan baik.

Setelah menggunakan tepung untuk membuat kulit dimsum dan ternyata masih ada sisa, kamu bisa menyimpannya di wadah yang tertutup rapat. Pastikan bahwa kamu menyimpanny di tempat yang kering dan tidak lembab sehingga bisa digunakan lagi lain hari.

Kulit Dimsum Lembut 8 Tips Cara Membuat Kulit Dimsum Transparan Lembut dan Tipis Tanpa Harus Beli

3. Memastikan Takaran Tepat

Membuat kulit dimsum yang benar harus memperhatikan takaran yang tepat. Takaran yang digunakan untuk membuat kulit dimsum yang transparan biasanya adalah 1:1:1 dengan 1 kg tepung sagu, 1 liter air, dan 1 kg tepung tang mien. Kamu bisa menggunakan timbangan untuk membantumu menghitung takaran setiap bahan yang akan digunakan.

4. Mengolah Bahan dengan Benar

Hal yang paling sulit dari membuat kulit dimsum adalah dalam hal pengolahannya. Pastikan bahwa kamu menggunakan air panas untuk menghindari tepung yang menggumpal. Bahan yang sudah tercampur dengan baik kemudian harus diuleni hingga kalis agar kulit dimsum yang dihasilkan bisa lembut dan tidak mudah sobek. Kamu juga perlu membiarkan adonan kulit dimsum selama beberapa menit agar adonannya berkembang.

5. Menambah Sebutir Telur

Adonan dimsum akan berbeda jika kamu ingin merebus atau menggorengnya. Jika kamu ingin membuat dimsum goreng, kamu tidak perlu menambahkan sebutir telur karena akan membuat kulit dimsum tidak renyah setelah digoreng. Namun, jika kamu ingin merebusnya, kamu harus menambahkan sebutir telur di dalam adonan sehingga nantinya kulit dimsum bisa terasa lembut dan lebih kenyal.

Kulit Dimsum Tipis 8 Tips Cara Membuat Kulit Dimsum Transparan Lembut dan Tipis Tanpa Harus Beli

6. Memotong Kulit Dimsum

Jika adonan sudah jadi, kamu bisa membentuk adonan jadi lonjong. Kemudian, potong kecil-kecil dan memiliki berat sekitar 10 hingga 13 gram. Bentuk adonan menjadi bulat dan diamkan selama kurang lebih satu menit. Kemudian, kamu bisa memipihkan adonan dengan menggunakan gilingan pasta atau mie. Taburi tepung terigu agar adonan tidak lengket dan pastikan bahwa kulit pangsit yang dibuat cukup tipis. Adonan dimsum yang semakin tipis akan membuat kulit semakin kenyal dan renyah.

Setelah digiling, kamu bisa memotong kulit dimsum menjadi bulat atau kotak sesuai dengan selera. Kulit dimsum yang bulat lebih disarankan karena akan lebih pas dengan adonan dan tidak akan ada kulit yang tersisa dan jadi kering.

7. Merendam atau Membasahi Kulit Dimsum

Kulit dimsum yang sudah jadi akan mongering dalam waktu singkat jika tidak segera digunakan. Kulit yang kering ini nantinya akan sulit untuk dibentuk dan jika dimasak akan terasa tidak enak. Alternatif terbaik jika memang tidak ingin menggunakan kulit dimsum segera adalah dengan merendam kulit yang sudah dibuat tersebut di dalam air. Air akan membuat kulit dimsum lembab kembali, namun pastikan bahwa tidak merendamnya terlalu lama sekitar 1 hingga 2 detik saja. Kamu juga bisa membasainya sedikit sebelum dikukus agar dimsum tidak terlalu kering.

8. Menyimpan Kulit Dimsum

Jika kulit dimsum yang dibuat ternyata cukup banyak, kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa menyimpannya sebelum digunakan lagi esok hari. Simpan kulit dimsum di wadah yang tertutup dan letakkan di dalam freezer. Kulit dimsum yang dibekukan ini bisa bertahan dalam waktu yang lama dan siap digunakan kapan saja. Membuat kulit dimsum sendiri memang tidak mudah. Butuh ketelatenan dan kesabaran agar adonan yang dihasilkan juga berkualitas baik. Jika sudah ahli, kamu bisa membuat lebih banyak lagi dan menyimpannya untuk digunakan di lain hari.