8 Tips Cara Membuat Saus Sambal dan Minyak Dimsum ala Restoran Terkenal

Suka membuat dimsum? Kalau begitu, jangan lewatkan juga membuat saus sambal dan minyak sendiri agar bisa menyesuaikan rasanya dengan selera sendiri. Namun, bagaimana sih cara membuat sambal dan minyak dimsum yang enak? Tenang saja, simak delapan tips dibawah ini dan temukan resep yang tepat untukmu!

Tips Cara Membuat Saus Sambal dan Minyak Dimsum 8 Tips Cara Membuat Saus Sambal dan Minyak Dimsum ala Restoran Terkenal

#1. Buat Saus Sambal Dengan Bahan Segar

Biasanya, masakan akan lebih enak kalau masih segar. Begitu pula dengan saus sambal – karena berbasis air, saus sambal buatan rumah lebih enak kalau dibuat segar dengan bahan yang masih segar pula. Nah, bagaimana caranya membuat saus sambal dimsum segar? Coba ikuti resep di bawah ini:

  • Siapkan 10 cabai merah, 8 cabai rawit merah, 3 siung bawang, 1 sdm cuka, serta air dan penyedap rasa secukupnya.
  • Rebus bawang dan cabai hingga matang, kemudian blender dan saring.
  • Rebus kembali sambal. Tambahkan cuka dan penyedap rasa. Tambah juga air hingga teksturnya sesuai selera.
  • Masak hingga mendidih lalu sajikan bersama dimsum.

#2. Tidak Punya Cabai Segar? Beli Chili Flakes

chili flakes indonesia korean 8 Tips Cara Membuat Saus Sambal dan Minyak Dimsum ala Restoran Terkenal

Bagaimana kalau tidak punya cabai segar? Tenang, kita masih bisa kok membuat sambal dimsum dengan chili flakes. Resep ini cocok dipilih juga untuk yang tertarik membuat minyak dimsum karena bahannya sama. Berikut resepnya:

  • Siapkan 500g chili flakes, 6 siung bawang, 2 sdt merica bubuk, 3 sdm garam, 10 sdm gula pasir, 2 sdm cuka, dan 200 ml air.
  • Rebus semua bahan hingga matang kemudian blender.
  • Test rasa dan tambahkan merica, gula, garam, dan cuka sesuai selera.
  • Sajikan bersama dimsum.

#3. Ganti Chili Flakes Dengan Cabai Kering

Nah, bagaimana kalau kesusahan mencari chili flakes? Cukup ganti saja dengan cabai kering. Pada dasarnya, chili flakes merupakan cabai kering yang dicacah hingga kecil. Jadi, kalau cabai kering lebih mudah ditemukan, cukup haluskan dengan ulekan atau food processor hingga cukup kecil. Setelah itu, silahkan ikuti resep saus dengan chili flakes diatas.

#4. Sediakan Saus Secukupnya

Saus dimsum tidak awet karena bahannya menggunakan air. Bila didiamkan di dalam ruangan, maka saus mungkin akan bau dalam sehari. Kalau ditaruh kulkas, mungkin hanya akan bertahan beberapa hari. Jadi, daripada mubazir, sebaiknya buatlah saus dimsum secukupnya. Kedua resep diatas cukup untuk sekitar tiga porsi dimsum.

Tentu saja, kalau suka saus, saus ini bisa dibuat lebih banyak. Pokoknya, sesuaikan dengan kebutuhan, ya!

#5. Buat Chili Oilmu Sendiri

Selain saus, ada lagi komponen pelengkap dimsum yang tidak kalah sedap, yaitu minyak dimsum. Minyak yang digunakan sendiri biasanya chili oil alias minyak cabai. Nah, chili oil sendiri bisa di beli di berbagai supermarket sekarang. Namun, apabila tidak bisa menemukannya atau ingin mencoba membuatnya sendiri, langkahnya cukup mudah kok. Berikut resepnya:

  • Siapkan 100g cabai kering, 50g cabai rawit merah, 50g bawang merah, 35g bawang putih, 12g penyedap rasa, 1 sdm gula pasir, ½ sdm garam, dan 300ml minyak goreng.
  • Haluskan cabai kering hingga seukuran chili flakes (skip kalau menggunakan chili flakes langsung)
  • Cincang cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih lalu letakkan dalam wadah terpisah.
  • Panaskan minyak dan goreng bawang putih hingga harum. Kemudian, masukkan bawang merah dan cabai rawit dan aduk sebentar. Susul dengan bahan lainnya dan aduk merata.
  • Goreng hingga warna cabai menjadi merah tua dan biarkan minyak mendingin.

#6. Kombinasikan Chili Oil Dengan Berbagai Rasa

Walau sedap, chili oil lama-lama bisa membosankan juga karena rasanya hanya pedas. Nah, bagaimana cara kita meningkatkan rasa chili oil? Baik minyak buatan rumah atau pabrikan, kita sebenarnya dapat menambah citarasanya dengan mudah, yaitu:

  • Tambahkan bawang putih. Bawang putih bisa menambah citarasa dengan mudah. Cukup cincang halus satu siung bawang dan campurkan dengan satu porsi chili oil untuk menambah rasanya.
  • Campurkan dengan minyak lain. Minyak dengan rasa yang khas seperti minyak wijen dan schmaltz dapat meningkatkan citarasa chili oil Anda.

Cara ini cocok untuk mereka yang suka rasa yang intens dan rich. Untuk menambahkannya sendiri, cukup tambahkan sedikit minyak tambahan ke satu porsi chili oil sebelum menyamtap dimsum.

Saus Sambal dan Minyak Dimsum ala Restoran Terkenal 8 Tips Cara Membuat Saus Sambal dan Minyak Dimsum ala Restoran Terkenal

#7. Buat Satu Batch Besar

Berbeda dengan saus sambal, chili oil dapat disimpan awet selama bertahun-tahun bila cara menyimpannya benar. Bila menyukai rasa pedas, sebaiknya buatlah minyak ini cukup banyak, setidaknya satu botol agar dapat digunakan langsung saat makan dimsum.

#8. Bagaimana Kalau Anda Masih Punya Sisa Chili Oil?

Karena rasa chili oil hanya pedas, minyak ini cukup netral untuk ditambahkan ke masakan apapun. Dengan minyak satu ini, kita dapat memberikan citarasa pedas dan menggugah selera dalam berbagai masakan tanpa terlalu mengusik rasanya.

Biasanya, chili oil digunakan untuk berbagai makanan berkuah seperti ramen. Terdapat juga beberapa resep makanan Italia yang menggunakan chili oil, kalau-kalau tertarik mencoba variasi lain. Chili oil juga bisa dicampur dengan kondimen lain seperti saus.

Walau resep sambal dan minyak dimsum relatif mudah, tidak semua orang memiliki bahan yang sama untuk bisa membuatnya. Maka dari itu, kami menyediakan beberapa alternatif resep agar siapapun bisa membuat saus sambal maupun chili oil untuk dimsum dengan hasil yang serupa. Jangan lupa sesuaikan resep dengan selera agar dimsum Anda makin enak. Selamat mencoba!